Acces2

accestrade

https://atid.me/001kbs00267l

Fiverr

https://go.fiverr.com/visit/?bta=771663&brand=fiverraffiliates

Tuesday 17 March 2015

St. Yohanes Neumann



Uskup Philadelphia ini lahir di Prachatitz, Bohemia pada tanggal 28 Maret 1811, anak dari pasangan Philip Neumann dan Agnes Lebis. Neumann menjalani masa Sekolahnya di Budweis dan masuk Seminari pada tahun 1831. Dua tahun kemudian, Neumann masuk Universitas Charles Ferdinand di Prague untuk belajar Teologi. Neumann akan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1835 tetapi Uskup memutuskan bahwa tidak ada lagi tahbisan imam.

Sulit bagi kita sekarang untuk membayangkan hal ini bisa terjadi, tetapi Bohemia pada zaman itu memiliki imam yang sangat banyak. Neumann menulis surat kepada Uskup-uskup di seluruh Eropa tetapi kisahnya sama, Uskup-uskup tidak mau lagi menahbiskan imam. Neumann merasa yakin bahwa dia dipanggil untuk menjadi imam, tetapi pintu menuju ke gerbang Imamat tampaknya tertutup di matanya. Tetapi Neumann tidak menyerah. Dia sudah belajar bahasa inggris dengan bekerja di sebuah perusahan dengan pekerja-pekerja dari Inggris, sehingga dia akhirnya menulis surat kepada uskup di Amerika.
Akhirnya, uskup di New York bersedia untuk menahbiskan menjadi Imam di Keuskupannya. Karena ingin mengikuti panggilan Tuhan menuju Imamat, Neumann harus meninggalkan rumahnya untuk selamanya dan pergi menyeberangi benua menuju sebuah tempat yang asing baginya. Di Amerika, Neumann adalah salah satu dari 36 imam bagi 200.000 umat Katolik. Paroki Neumann terletak di sebelah barat New York yang terbentang dari danau Ontario sampai Pennsylvania. Gerejanya tidak memiliki menara atau lantai yang bagus, tetapi hal ini tidak menjadi masalah karena Neumann menghabiskan waktunya dengan bepergian dari desa ke desa, mendaki gunung untuk mengunjungi orang sakit, tinggal di loteng rumah dan kedai minum hanya untuk mengajar dan merayakan misa yang juga hanya bisa dilakukan menggunakan meja dapur. Karena karyanya di parokinya terpencil, Neumann rindu akan komunitas sehingga memilih bergabung dengan Redemptoris, sebuah konggregasi imam dan bruder yang memberikan diri untuk menolong orang miskin dan yang dilupakan.
Neumann adalah imam pertama yang masuk Konggregasi Redemptoris di Amerika, dia mengucapkan kaulnya di Baltimore pada tanggal 16 Januari 1842. Sejak semula Neumann sungguh dihargai oleh sesama kaum religius karena kesuciannya, semangatnya dan keramah-tamahannya. Pengetahuannya akan enam bahasa modern membuat dia secara khusus diterima bekerja dalam masayarakat dengan bahasa yang berbeda (multi-language society) di Amerika  pada abad kesembilanbelas.
Setelah bekerja di Baltimore dan Pittsburgh, pada tahun 1847, dia dipilih sebagai Superior Redemptoris Amerika Serikat. Pater Frederick Von Held, Propinsial Propinsi Belgia, mengatakan tentang Neumann: “dia adalah orang besar yang menggabungkan kesalehan dengan kepribadian yang kuat dan bijaksana”.
Ketika dia menyerahkan kepemimpinannya kepada Pater Bernard Hafkenscheid, Redemptoris Amerika Serikat sudah disiapkan dengan sangat baik untuk menjadi sebuah propinsi yang mandiri, yang terjadi pada tahun 1850. Pater Neumann terpilih sebagai Uskup Philadelphia dan ditahbiskan di Baltimore pada tanggal 28 Maret 1852. Keuskupannya sangat luas dan masih berkembang lagi. Sebagai Uskup, Neumann adalah Uskup yang pertama kali membangun sistem sekolah Katolik di keuskupan.
Sebagai  pendiri pendidikan katolik di negara ini, Neumann menambah jumlah sekolah Katolik di keuskupannya dari dua mejadi 100. Dia meminta suster-suster ordo ketiga Fransiskan untuk mengajar di Sekolah-sekolah ini. Diantara lebih dari 80 Gereja yang dibangun di masa kerasulannya harus disebutkan katedral St. Peter and Paul, yang diresmikannya.  Neuman adalah orang yang tidak terlalu tinggi dan selalu sakit-sakit. Tetapi dalam masa hidupnya yang singkat, dia mencapai pencapain yang luar biasa. Dia bahkan masih mencari waktu untuk kegiatan  studi literatur sebagai tambahan dari tugas pastoralnya. Seperti banyaknya artikel di surat kabar katolik yang ditulisnya, dia menerbitkan dua kateskismus dan pada tahun 1849 dia menulis  sejarah alkitab untuk anak-anak sekolah.
Neumann melanjutkan tugasnya dengan bersemangat sampai akhir masa hidupnya. Pada tanggal 05 Januari 1860 (48 tahun), Uskup Neumann meninggal dunia di jalan di kota keuskupannya dan meninggal sebelum diberi sakarmen terakhir. Neuman dibeatifikasi oleh Paus Paulus VI pada tanggal 13 Oktober 1963 dan dikanonisasi pada tanggal 19 Juni 1977.

Ignasius Lede