Acces2

accestrade

https://atid.me/001kbs00267l

Fiverr

https://go.fiverr.com/visit/?bta=771663&brand=fiverraffiliates

Monday 31 July 2023

Renungan Harian Katolik, 3 Agustus 2023 - Lolos Seleksi

Hari biasa Pekan XVII 

Bacaan Ekaristi: 

Kel. 40:16-21,34-38; 

Mzm. 84:3,4,5-6a,8a,11; 

Mat. 13:47-53.

… lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam tempayan dan ikan yang tidak baik mereka buang. (Matius 13:48b)

Injil Matius 13:47-53 mengisahkan perumpamaan tentang jala besar yang ditebarkan di laut dan menangkap banyak ikan. Setelah jala itu penuh, para nelayan membawa jala itu ke pantai dan memilah-milah ikan yang terjaring di dalam jala itu. Ikan yang jelek dibuang dan ikan yang baik disimpan.

Bacaan Injil hari ini mengajarkan beberapa pesan penting untuk kehidupan kita: Pertama, Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang. Para murid Kristus layaknya para nelayan mewartakan kabar sukacita ke seluruh dunia tanpa pandang bulu. Gambaran laut di sini identik dengan dunia. Semua orang diundang untuk duduk bersama Yesus dalam perjamuan surgawi. Kedua, dalam perjalanannya, tidak semua orang yang mendengar kabar sukacita itu menanggapi dengan benar dan berperilaku sesuai dengan ajaran Kristus. Ada yang hanya mendengar kabar sukacita Injil dan tidak menanggapinya, bahkan ada yang sama sekali tidak mau mendengar kabar sukacita Injil itu. Ketiga, adalah masa seleksi pada hari penghakiman. Pada momen ini, semua orang, baik yang mendengar Sabda Yesus lalu melaksanakannya ataupun yang tidak peduli, semuanya dikumpulkan, namun langsung dipisahkan sesuai dengan perbuatannya di dunia. Yang baik masuk surga, yang jahat masuk neraka. Kita kelompok yang mana?

Sebagai Murid Kristus, kita diberikan kemampuan untuk mengetahui maksud dan rencana Allah. Bagaimana caranya agar kita bisa lolos seleksi pada masa penghakiman? Mendekatkan diri pada Yesus dengan membaca Sabda Allah dan hidup berdasarkan ajaran Kristus. Pada titik ini, penting bagi kita untuk hidup sebagai saksi Kristus: para nelayan dalam perumpamaan ini bertugas menarik jala dan menangkap ikan. Demikian pula, sebagai umat Katolik, kita dipanggil untuk menjadi saksi Kristus di dunia ini. Melalui kehidupan kita yang baik dan pelayanan kepada sesama, kita dapat menebar jalan dan menarik orang-orang masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Kita diajak untuk merenungkan kembali status kita sebagai murid Kristus. Sudah siapkah kita untuk memperkuat iman dan menerapkan ajaran-Nya dalam setiap aspek hidup kita? Sudah pantaskah kita untuk melewati seleksi hari penghakiman? Semoga Bacaan Injil hari ini menjadi inspirasi bagi kita untuk terus bertumbuh dalam kasih Allah, menjadi saksi Kristus, serta hidup dengan bijaksana dan penuh harap sampai masa penghakiman tiba.

https://atid.me/001kbs00267l